Berbelanja online adalah belanja tanpa tatap muka. Siapapun dan dari latar belakang manapun, bila mereka memiliki kebutuhan terhadap suatu barang, mereka akan membelinya. Nah, sebelum kamu para penjual “kaget” setelah berhadapan dengan mereka di dunia maya, ada baiknya kamu simak tipe pembeli online yang harus kamu ketahui berikut ini.
1) Pembeli Penasaran
Sebenarnya dibilang pembeli juga
bukan, sih. Karena tipe yang satu ini biasanya cuma mampir untuk bertanya dan
jarang atau bahkan tidak pernah berniat untuk membeli barang yang kita jual.
Entah karena memang penasaran atau karena ingin membeli tapi belum memiliki
budget, yang jelas tipe pembeli ini akan banyak sekali melemparkan pertanyaan,
mulai dari detail, harga produk, sampai ke lokasi penjual. Tapi usahakan untuk
selalu meladeni pertanyaannya dengan sopan, karena barangkali pembeli ini
memang analitis (lihat poin Pembeli Kritis).
2) Pembeli Kooperatif
Tipe yang satu ini tahu jelas apa
yang dia mau, fitur dan manfaat yang dia cari dari sebuah produk, serta jumlah
uang yang bersedia dia keluarkan. Kalau kita menawarkan produk yang mereka
inginkan, mereka bisa langsung membelinya saat itu juga tanpa banyak
pertanyaan. Tipe ini sangat positif, menyenangkan, dan kooperatif. Namun
berdasarkan pengalaman aku, tipe pembeli seperti ini cukup jarang ditemui, baik
olehku maupun oleh teman-teman online seller lainnya.
3) Pembeli Kritis
Tipe ini sangat detail dan penuh
pertimbangan, serta cenderung agak cerewet. Kita butuh kesabaran ekstra dalam
menghadapi tipe pembeli ini, karena mereka akan banyak bertanya untuk
mengumpulkan data dan informasi yang lengkap sebelum mengambil keputusan untuk
membeli. Mereka akan bersikap teliti dan bahkan membandingkan dengan produk
atau jasa yang ditawarkan online seller lain. Buat menghadapi tipe ini, kita
memang harus sabar dan menjelaskan semuanya secara pelan-pelan. Jangan pernah
coba melebih-lebihkan produk yang kita tawarkan karena mereka biasanya tahu.
Bahkan pada beberapa kasus, mereka lebih tahu detail produk daripada si penjual
itu sendiri.
4) Pembeli Plin-plan
Tipe pembeli ini sangat peduli
dengan apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh orang lain mengenai keputusan
mereka dalam membeli. Mereka biasanya peduli gimana orang akan merespon
terhadap pilihan mereka, makanya mereka akan selalu berusaha membahas terlebih
dahulu dengan keluarga ataupun teman mereka sebelum mengambil keputusan untuk
membeli sesuatu. Mereka juga suka bertanya soal siapa saja yang pernah menggunakan
produk atau jasa yang kita tawarkan. Pembeli ini suka berpikir panjang dan bisa
tiba-tiba berubah pikiran saat ada orang yang memberi review negatif.
5) Pembeli Tidak Sabaran
Pembeli ini memiliki kepribadian
seperti atasan. Sangat terbuka, tergesa-gesa, tidak sabaran, dan ingin langsung
pada inti pembicaraan. Mereka selalu merasa sibuk dan gak punya banyak waktu,
makanya mereka gak suka basa-basi, jadi mereka ingin langsung tahu tentang
produk yang kita tawarkan dan berapa harganya, lalu segera mengambil keputusan.
Saat menghadapi tipe ini, kita harus gesit dan to the point, penuhi apa yang
jadi kemauan mereka dan jangan sampai membuat mereka menunggu.
6) Pembeli Ramah
Tipe ini sangat ramah, menyenangkan,
suka ngobrol, dan menjaga hubungan baik dengan seller. Selain itu mereka kadang
terlalu cepat setuju dan membeli asal sudah merasa senang, sehingga gak
memperhatikan hal-hal detail. Kalau pun mereka gak ingin beli, mereka akan
menolak secara halus, bahkan kadang sampai membantu kita mencari pembeli lain.
Dari tipe-tipe pembeli di atas, kita
jadi tahu gimana cara menghadapi calon pembeli dengan beragam pemikiran dan gak
akan kesulitan lagi buat mengatur strategi pemasaran kita. Penting memang buat
mengetahui kepribadian pembeli, karena kita jadi tahu tipe pendekatan seperti
apa yang perlu kita lakukan agar mereka membeli produk yang kita tawarkan.
Sumber: blog.bukalapak.com
0 Response to "Tipe Pembeli Online yang Harus Kamu Ketahui"
Posting Komentar