Pengeluaran yang Harus Dipersiapkan Jelang Lebaran


Banyak hal yang terlintas di benak kita bila Idul Fitri tiba. Dari mulai mendapat THR, mudik ke kampung halaman, bertemu sanak saudara, sampai membeli pakaian baru. Satu hal yang pasti, Hari Raya Idul Fitri dirayakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Banyak pengeluaran yang harus dipersiapkan ketika menyambut lebaran. Mengapa harus dipersiapkan? Ramadhan sampai lebaran bisa dibilang hari-hari yang konsumtif. Selain beribadah, umat Islam juga banyak membeli kebutuhan hidup, dari mulai jelang lebaran, saat perayaan, hingga pasca lebaran.

Kita tidak terasa telah membuat pengeluaran-pengeluaran kecil, hingga tanpa disadari saldo kita minus di akhir musim lebaran. Atau bahkan yang lebih parah, kita malah berhutang. Anda tidak mau semua itu terjadi kan, setelah sebelumnya merayakan hari yang penuh sukacita? Untuk mengantisipasinya, simak artikel pengeluaran yang harus dipersiapkan jelang lebaran berikut ini.


1. Zakat


THR atau tunjangan hari raya akan didapatkan oleh mereka yang bekerja pada suatu perusahaan. sebaliknya para pengusaha tidaklah mendapat THR, tapi menyiapkan THR bagi para karyawan yang bekerja pada mereka. Langkah awal bagi mereka yang mendapat THR adalah mengalokasikan zakat fitrah dan zakat mal yang merupakan kewajiban bagi semua umat Islam. Setelah Anda mendapatkan THR dari kantor dan sudah mengalokasikan pengeluaran untuk zakat, barulah Anda bisa menganggarkan THR untuk sanak keluarga seperti adik dan para keponakan Anda.

2. Biaya Mudik


Selain rasa bahagia dan haru saat bertemu keluarga ketika mudik, kondisi keuangan menjadi hal yang mesti Anda pertimbangkan ketika mudik, seperti biaya transportasi dan makan. prediksikan bila Anda menggunakan mobil pribadi, berapa total biaya bensin yang mesti dikeluarkan. Bila menggunakan transportasi umum, belilah tiket dari jauh hari agar mendapat harga murah. Anda dapat membuat pos pengeluaran yang terpisah antara biaya yang harus dikeluarkan untuk transport dan untuk biaya konsumsi selama perjalanan.

3. Pakaian Baru



Membeli baju baru ketika lebaran tiba sudah menjadi tradisi di Indonesia.  Itulah mengapa begitu banyak pusat perbelanjaan yang memberikan promo dan diskon besar mulai dari baju, celana, sandal, sampai aksesoris. Bisa diakui tawaran-tawaran tersebut sangatlah menggiurkan. Namun jangan sampai Anda banyak mengeluarkan uang untuk pakaian baru. Anggaran tersebut lebih baik dialokasikan untuk biaya lebaran yang lain, bukan?

4. Biaya Lebaran


Biaya lebaran mencakup THR untuk dibagikan kepada sanak kerabat dan biaya makanan entah itu berupa kue lebaran atau ketupat dengan segala lauk pauknya. Pastikan Anda telah menentukan berapa orang yang akan Anda bagikan THR. Serta berapa jenis kue dan makanan yang akan Anda sajikan kepada sanak keluarga dan para tamu.

5. Dana Darurat


Ketika mudik, hal tidak kalah penting yang sudah semestinya Anda siapkan adalah kebutuhan dana darurat bila suatu hal terjadi. Dana darurat itu harus Anda siapkan dalam bentuk uang tunai atau Anda taruh di ATM. Siapkan dana tunai tersebut hanya jika Anda akan melakukan perjalanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kendaraan mogok bila Anda membawa kendaraan pribadi, anggota keluarga tiba-tiba sakit, sampai kecelakaan.

6. Biaya Selama di Tempat Mudik


Di manakah Anda akan tinggal selama di kampung halaman? Bila rumah orangtua atau kerabat Anda memadai, Anda tidak perlu memikirkan biaya akomodasi. Namun bila ada biaya penginapan yang mesti Anda keluarkan, Anda harus mengalokasikannya lagi untuk biaya menginap. Siapkan pula biaya makan dan jajan selama Anda berada di kampung halaman agar tidak merepotkan orangtua sekalipun itu adalah orang tua atau kerabat Anda sendiri. Selain itu, jangan lupa siapkan biaya oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman.

7. Biaya Pasca Mudik


Terakhir, biaya lainnya yang harus disiapkan adalah biaya pasca mudik. Paling tidak mudik ke kampung halaman sekitar 1 pekan, sisanya Anda akan menjalani kehidupan normal seperti biasa. Yang sering terjadi selama sepekan seseorang akan menghabiskan gaji dan tabungannya tanpa memperhitungkan berapa banyak yang akan dikeluarkan dan berapa banyak sisa yang mereka miliki. Hal inilah yang tidak disadari karena masih ada hidup yang terus berjalan setelah mudik lebaran usai. Sedangkan Anda sendiri harus tetap bertahan hidup hingga gajian selanjutnya. Oleh karenanya, biaya pasca mudik menjadi hal yang tidak kalah penting yang sudah seharusnya disiapkan. Layaknya membuat anggaran kebutuhan tiap bulannya, lakukan cara yang sama agar Anda tidak sampai mencari pinjaman untuk kebutuhan hidup pasca lebaran.

So, sudah sejauh mana persiapan lebaran Anda? Seperti apapun persiapannya, mari kita rayakan hari raya ini dengan bijak dan memberi manfaat yang lebih baik bagi kehidupan finansial kita. Selamat berlebaran!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengeluaran yang Harus Dipersiapkan Jelang Lebaran"

Posting Komentar