7 Tips Penting di dalam Toko Online

Tips Toko Online


Memiliki toko online merupakan tren yang sedang hits di kalangan anak muda dan ibu rumah tangga. Siapapun yang serius mengelolanya dengan baik tidak hanya akan memberi kemandirian finansial bagi diri sendiri, tapi juga orang lain yang dipekerjakan. Dengan modal gadget, kamera dalam gadget, dan koneksi internet, sebuah toko online sudah langsung bisa terbentuk. Bagi Anda yang telah memiliki toko online, ada beberapa trik yang harus dilakukan agar toko online Anda tetap dapat survive menghadapi persaingan toko online lain.


1. Testimoni pelanggan
Mintalah testimoni kepada konsumen yang merasa puas terhadap pelayanan Anda. Lalu tampilkan testimoni tersebut di halaman utama toko online Anda. Kredibilitas toko online ditentukan dari testimoni yang telah Anda tampilkan itu. semakin banyak testimoni, orang yang percaya untuk berbelanja akan semakin banyak.

2. Foto is etalase
Bagaikan sebuah etalase, foto di toko online Anda merupakan cara pelanggan mengenal produk yang sedang dijual. Semakin menarik pengambilan gambar dan kualitas foto, daya pikat di mata pembeli akan semakin tinggi. Sebenarnya melalui kamera smartphone juga cukup, Anda hanya perlu mempelajari trik pengambilan gambar yang menarik.

3. Pilih jasa pengiriman terpercaya
Jasa pengiriman merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari toko online. Konsumen yang tersebar di berbagai daerah mengharuskan sebuah toko online membutuhkan bantuan jasa pengiriman agar pesanan dapat sampai ke tangan konsumen. Semakin cepat sampai pesanan akan membuat konsumen semakin puas dan ada kemungkinan melakukan repeat order.

4. Quality control
Bila foto yang Anda pajang membuat pembeli tertarik hingga berhasil melakukan transaksi pembelian, ditambah jasa pengiriman telah melaksanakan tugasnya dengan benar, puas tidaknya konsumen selanjutnya ada pada kualitas barang yang dijual. Kemungkinan order selanjutnya selain pada kecepatan pengiriman juga ada pada kualitas barang yang Anda jual. Oleh karenanya, jual barang yang berkualitas dengan menghindari menjual barang rekondisi/KW.

5. Kecepatan merespons pembeli
Akan sangat senang bila konsumen dilayani dengan maksimal bila mereka memiliki pertanyaan atau hendak melakukan transaksi. Hal ini wajib dilakukan penjual, karena modal utama bisnis toko online adalah membangun kepercayaan. Oleh karenanya semua ditentukan dari pertama kali interaksi antara penjual dengan pembeli. Persiapkan admin yang selalu sigap untuk menjawab pertanyaan dari konsumen bila Anda telah mempekerjakan karyawan.

6. Berikan harga spesial
Buatlah konsep yang menarik dengan memberikan harga khusus untuk konsumen yang melakukan pembelian lebih dari 1 item. Klasifikasikan konsumen yang membeli barang satuan, grosir, atau reseller. Pembeli grosir akan merasa dihargai selain itu juga akan memicu orang untuk membeli barang lebih banyak.

7. Inovasi promosi
Promosi merupakan sesuatu yang harus dilakukan terus menerus. Hindari melakukan promosi dengan cara monoton dengan menyiapkan strategi promosi yang paling menarik. Sesuaikan dengan hari besar, musim, maupun isu sosial yang tengah marak dan menjadi trending topic.



Demikian artikel 7 tips penting di dalam toko online. Semoga bermanfaat!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "7 Tips Penting di dalam Toko Online"

Posting Komentar