Bagaimana Cara Memilih Rumah Kos yang Tepat

Memilih Rumah Kos


Kamu para perantau yang tinggal di kota-kota besar untuk tujuan berkuliah, bekerja, atau berbisnis pasti membutuhkan rumah singgah untuk menjadi tempat tinggal sementara. Tentu tidak masalah bila di kota tersebut kamu mempunyai saudara atau kerabat yang bersedia menampung.
Bila tidak, kamu harus menyewa rumah kos yang akan banyak disewakan penduduk tempat kamu beraktivitas.  Nah ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih rumah kos mana yang mau kamu sewa. Kamu ga mau kan nyesel sudah bayar tapi rumah kosnya jauh dari ekspektasi? Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan? Simak artikel bagaimana cara memilih rumah kos berikut ini.


 
1. Lokasi

Cari rumah kos yang tidak terlalu jauh dengan tempat kamu beraktivitas. Dengan memilih rumah kos yang dekat, kamu akan menghemat biaya transportasi dan waktu. Usahakan lokasinya strategis menuju tempat-tempat yang juga sering kamu kunjungi, seperti rumah makan, tempat ibadah, mini market, jasa laundry, sampai jasa pengiriman bila aktivitasmu adalah berjualan online.

2. Fasilitas Listrik dan Air
 

Fasilitas listrik dan air menjadi komponen utama yang patut kamu pertimbangkan ketika memilih kamar kos. Listrik yang sering nyala mati tentu akan mengganggumu ketika harus mengejar deadline tugas atau sedang memasarkan produk melalui online. Begitu pula air yang tidak lancar. Pastikan rumah kos yang kamu pilih tidak bermasalah dalam kedua aspek ini. 
 
3. Luas kamar

Pilih luas kamar sesuai kebutuhan aktivitasmu. Jika kamu berkuliah atau bekerja, tidak perlu yang terlalu besar, cukup ukuran 1-2 orang, karena nantinya akan mempengaruhi biaya. Jika aktivitasmu untuk berbisnis online, pilih yang ukurannya cukup besar. Karena selain untuk tidur, ruangan juga akan kamu pakai untuk spot barang. Perkirakan sendiri besarnya sesuai dengan barang-barang jualan yang nantinya akan kamu tata.

4. Lingkungan

Keamanan dan kenyamanan amatlah penting. Dengan memastikan tinggal di lingkungan yang kondusif, kamu tidak akan was-was dengan tindak kejahatan. Kamu akan lebih berkonsentrasi dengan aktivitas kamu. Usahakan tinggal di lingkungan yang religius, dengan tinggal di lingkungan seperti itu kamu tidak hanya mendapat kenyamanan dan keamanan, tapi juga ketenangan batin.


5. Pengurus kos ramah

Kenyamanan tinggal di rumah kos juga dipengaruhi oleh pengurus kos. Jika mereka ramah, kamu pun akan kerasan, kan? Teliti dulu sikap dan karakter pengurus kos di awal kamu melihat-lihat rumah kos. Jika kamu merasa kurang cocok, baiknya tidak usah kamu lanjutkan, kamu bisa cari rumah kos yang lain. Jangan lupa minta nomor HP pengurus kos untuk keperluan jika kamu sudah menemukan rumah kos yang cocok.

6. Biaya


Sebenarnya ini menjadi faktor utama kamu dapat menyewa rumah kos. Karena meskipun semua hal di atas sudah memenuhi syarat, kamu tidak akan bisa menyewa rumah kos kalau biayanya tidak masuk dalam jangkauan kamu. Pastikan budget kamu cukup untuk dapat menyewa sebuah rumah kos dengan fasilitas seperti yang kamu butuhkan.

Itulah artikel bagaimana cara memilih rumah kos. Semoga kamu dapat menemukan rumah kos seperti yang kamu inginkan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bagaimana Cara Memilih Rumah Kos yang Tepat"

Posting Komentar