Mengapa Harus Memilih Bisnis Waralaba?



Memilih Bisnis Waralaba


Bagi Anda yang baru ingin merintis sebuah bisnis, membeli bisnis waralaba dapat menjadi sebuah pilihan yang menarik. Menjalani bisnis ini memiliki tingkat risiko kegagalan yang kecil dibanding ada memulai bisnis sendiri. Dalam bisnis waralaba, Anda tidak perlu memulainya dari nol sekaligus mengalami trial and error. Sebelum usahanya diwaralabakan, pemilik waralaba sudah melakukannya.
Pemilik waralaba (franchisor) memiliki kepentingan untuk memelihara reputasi dan nama baik bisnis waralabanya. Segala kebutuhan yang menunjang kesuksesan investornya, akan mereka siapkan. Sehingga para investor yang mencoba bergabung dengan franchisor tersebut merasa yakin akan kelancaran usahanya jika mereka mencoba berinvestasi.
Dari uraian di atas dapat dikatakan dengan menjalani bisnis waralaba cukup menjanjikan untuk para investor. Ada beberapa alasan para pelaku usaha mengapa harus memilih bisnis waralaba. Apa saja? Yuk langsung saja kita simak.

      1.      Tidak Perlu Repot Membangun Branding Usaha
Perlu kerja keras untuk membangun branding usaha bila usaha tersebut dibangun dari awal. Tujuan dari branding usaha antara lain usaha kita dikenal oleh masyarakat luas agar tertarik kepada produk yang kita tawarkan. Namun bila ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan brand dengan tidak perlu susah payah membangunnya, mengapa tidak? Itulah yang akan Anda dapat dari membeli bisnis waralaba. Pemilik waralaba telah menguji strategi marketing produk mereka kepada masyarakat di awal mereka mengembangkan. Pembeli waralaba cukup menjalankan bisnisnya sesuai arahan dari pemilik waralaba.

      2.      Bukan Hanya Nama yang Dibeli, Tapi Juga Pengalaman
Disamping sudah sangat dikenal masyarakat luas, produk dan merek waralaba sudah memiliki banyak pelanggan. Itu berarti, telah ada waktu dan tenaga yang dihemat dengan membeli waralaba. Membeli waralaba sama dengan membeli pengalaman para pemiliknya yang telah berjuang di awal.

      3.      Pemilik Waralaba Memberi Dukungan Penuh
Waralaba yang terpercaya akan mensupport secara penuh investornya yang akan memulai bisnis waralaba. Mereka akan membantu menyediakan pelatihan, menjalani usaha dengan tepat, menyediakan bahan baku, memberikan bimbingan operasional, dan proses pendampingan selama menjalani usaha.

      4.      Lebih Besar Peluang untuk Sukses
Bisnis yang tidak perlu dibangun dari awal, manajemen telah tertata dengan baik, pemilik waralaba telah mendukung penuh, biaya pemasaran yang lebih murah, menjadikan bisnis waralaba memiliki potensi sukses lebih besar tinimbang membuka bisnis dari awal. Sebuah penelitian mengungkapkan peluang sukses berbisnis waralaba mencapai 70%, lebih besar dibanding menjalani bisnis sendiri yang jumlahnya hanya 60%. 
Namun semua itu hanya hitungan matematika. Hasil akhirrnya kembali kepada Anda sebagai pelaku bisnis. Baik menjalani usaha waralaba ataupun memulai bisnis sendiri, tergantung Anda yang menjalaninya. Semua bisnis akan sukses bila Anda menjalaninya dengan prosedur yang benar, perencanaan yang matang, serta kerja keras ditambah semangat pantang menyerah bila menghadapi kegagalan.

Demikian artikel mengapa harus memilih bisnis waralaba. Semoga dapat memberi gambaran bagi Anda mengapa banyak yang lebih memilih bisnis waralaba daripada memulainya dari awal.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Mengapa Harus Memilih Bisnis Waralaba?"

Posting Komentar