Mengenal Huruf Times New Roman





Menyebut nama "Times New Roman", tentu kita akan teringat dengan salah satu jenis huruf yang ada dalam komputer. jenis huruf ini digunakan sebagai standar huruf dalam dunia pengetikan, contoh untuk membuat majalah, koran, makalah, skripsi, tugas sekolah, tesis, juga sebagian besar ditulis menggunakan huruf Times New Roman. Banyak di antara kita yang menggunakan huruf ini, tapi kita tidak tahu asal mulanya.


Nah, dari mana asal penemuan huruf Times New Roman? huruf ini dirancang oleh seorang berkebangsaan Inggris yang bernama Stanley Morrison. ia lahir pada tanggal 6 Mei 1889 di Wanstead, Inggris. awalnya, Stanley tumbuh sebagai figur yang tidak memiliki pengetahuan tentang dunia percetakan. percetakan sendiri, pekerjaan yang memiliki kaitan erat dengan dunia perancangan huruf. namun ia tetap terus berusaha mengetahui tentang dunia cetak tersebut, dengan sering membaca buku di perpustakaan gereja.
Hingga dikemudian hari ia berhasil mendapatkan pekerjaan di sebuah surat kabar The Times di London. ia bekerja sebagai tukang cetak koran di sana. Cintanya terhadap pekerjaannya sebagai tukang cetak, membuat pengetahuan Stanley semakin garang di bidang Tipografi (ilmu yang mempelajari tentang perancangan dan penciptaan huruf). Terlebih saat ia menjadi anggota percetakan The Pelican press. tak sekadar itu, Stanley juga menduduki posisi penting di The Times sebagai konsultan huruf.

Selama 30 tahun (1929-1960), Stanley Morrison menjadi konsultan huruf untuk koran The Times di London, Inggris. sebagai konsultan huruf, pada tahun 1931 ia memberikan wacana kepada Times. "bahwa The Times merupakan koran yang telah memiliki pelanggannya sendiri, kita memerlukan sebuah huruf yang tidak sama dengan barang dagangan pada umumnya, huruf itu harus baik pada dasarnya, namun juga mencerminkan kekuatan dari garis, konsistensi, dan ekonomis bagi The Times", tutur Stanley.

Kata-kata itu disambut baik oleh pihak manajemen The Times, sekaligus semangat bagi Stanley untuk berekspresi merancang huruf baru. tepatnya, 3 oktober 1932, huruf itu selesai dan mulai dipasarkan ke masyarakat dengan memberikan nama jenis huruf "Times", karena pada hari itu untuk pertama kalinya koran The Times dicetak dengan menggunakan jenis huruf yang dinamai dengan koran itu sendiri.

Stanley Morrison bukan satu-satunya orang yang berada dibalik kesuksesan huruf tersebut. ia juga dibantu teman-temannya bernama Victor Lardent sebagai orang yang menggambar rancangan huruf ini.

Huruf bernama Times ini dengan cepat menjadi sangat populer di masa itu, banyak digunakan di koran, majalah, maupun buku laporan tahunan perusahaan. untuk menjaga keasliannya, huruf ini didaftarkan lisensi hak ciptanya ke The Monotype Corporation di Inggris dan ke perusahaan lisensi Linotype di Amerika, karena koran The Times banyak mendaftarkan lisensi dari produk-produknya ke Linotype.

Tahun 1945, The American Linotype Company mendaftarkan nama dagang "Times Roman" secara terpisah, bukan sebagai bagian dari The Times ataupun Monotype, hal tersebut menjadi bumerang dan masalah besar bagi The Times, karena tidak sesuai dengan nama aslinya. Padahal jenis huruf ini sudah didaftarkan hak ciptanya, dan memang milik The Times. tapi sayang, karena huruf ini populer, banyak pihak yang ingin memalsukan namanya.

Di sinilah awal terjadinya perbedaan nama untuk penggunaan huruf ini dalam komputer. Linotype dan perusahaan-perusahaan di bawah lisensinya seperti Adobe dan Apple Macintosh menggunakan nama "Times Roman". Sedangkan Monotype dan perusahaan-perusahaan dibawah lisensinya seperti Microsoft menggunakan nama "Times New Roman" hingga sekarang.

Tepat 11 Oktober 1967, Stanley meninggal. ia adalah tokoh yang berhasil menciptakan huruf yang baik dengan ciri khasnya tersendiri sehingga jenis huruf ini terus dikenang dan digunakan oleh banyak kalangan hingga saat ini.

Itulah sejarah singkat dari huruf Times New Roman. Semoga dapat memberikan wawasan baru bagi Anda terhadap jenis huruf yang sering kita gunakan ini. 

Sumber: aiihoppus.blogspot.co.id

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Mengenal Huruf Times New Roman "

Posting Komentar