Tips Menghadapi Konsumen Pembanding Harga

Menghadapi Konsumen Pembanding Harga


Bagi yang sudah menikmati bisnisnya, rasanya tidak akan meninggalkan meski dapat tawaran pekerjaan yang menggiurkan. Apalagi bila menghadapi berbagai konsumen dengan karakter yang unik. Kita bukan hanya diuji kesabarannya sebagai penjual, tapi juga belajar meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

Berbagai jenis perilaku konsumen pasti sering kita temui. Ada konsumen yang hobinya gemar mem-PHP penjual, ada konsumen yang selalu membandingkan harga. Mungkin membandingkan harga sudah cukup lumrah dalam transaksi jual beli. Nah sebagai penjual online tanpa tatap muka kepada konsumen, kita harus tahu cara-cara menghadapi konsumen yang seakan membeli tapi hanya untuk membandingkan harga. Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Simak tips menghadapi konsumen pembanding harga berikut ini.


1.      Jangan Mudah Terprovokasi
Jangan langsung menurunkan harga ketika Anda menemukan konsumen yang membandingkan harga. Itu adalah skenario konsumen untuk mendapatkan harga paling murah. Kebijakan menurunkan harga harus disesuaikan dengan dapat atau tidaknya keuntungan bagi Anda.Temukan win win solution sebelum memutuskan untuk menurunkan harga.
Beda cerita bila harga yang Anda jual sudah harga pas, jagalah harga tersebut dan jangan terpengaruh provokasi konsumen. Sampaikan ke konsumen bahwa harga yang Anda berikan sesuai kualitas yang memang ada di produk tersebut.
(Baca juga: Tips Menghadapi Buyer Nakal)


2.      Harga Bervariatif Sangat Wajar
Perbedaan harga adalah hal yang wajar, karena setiap pebisnis memiliki perhitungan sendiri dalam menjual produknya. Dan sudah lumrah setiap konsumen ingin mendapatkan kualitas terbaik dengan harga murah. Penelitian terakhir yang dilakukan pengamat ekonomi menunjukkan sebanyak 53% dari calon pembeli tidak lagi ingin melakukan perbandingan harga jika calon pembeli itu sudah melihat daftar harga list dalam toko online Anda. Jadi Anda harus tetap yakin terhadap harga yang telah Anda tetapkan sendiri.


3.      Ada Harga, Ada Kualitas
Kalimat ada harga ada kualitas masih sangat berlaku dalam dunia usaha. Sebagai pelaku bisnis yang selalu mengutamakan kualitas, Anda harus terbuka mengenai kualitas dari produk yang Anda jual. Hindari untuk memanfaatkan ketidaktahuan konsumen, karena itu bisa menjadi momok bagi bisnis Anda di kemudian hari. Jaga selalu kredibilitas bisnis Anda dengan memberikan harga sesuai kualitas.


4.      Beri Tahu Adanya Benefit
Memberi tahu kepada calon konsumen bahwa di toko Anda ada benefit yang tidak bisa didapatkan di toko lain juga bisa Anda lakukan. Misalnya, meskipun harga di toko Anda lebih mahal, konsumen tidak akan merasa rugi jika membeli di tempat Anda, karena Anda dapat memberikan bonus atau diskon pada pembelian selanjutnya. Konsumen sangat tertarik akan adanya bonus dan potongan diskon.


Itulah beberapa tips menghadapi konsumen pembanding harga. Semoga bermanfaat!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Menghadapi Konsumen Pembanding Harga"

Posting Komentar