Tips Bagi Kamu untuk Mengusir Rasa Kantuk

Tips Mengusir Rasa Kantuk


Siapapun pasti sering mengalami rasa kantuk dalam tiap aktivitasnya. Entah itu kamu seorang pelajar, karyawan, sampai pengusaha sekalipun. Rasanya tuh ingin membaringkan tubuh saja sampai kita terlelap. Tapi kalau itu dilakukan, pasti aktivitas yang kita jalani jadi berantakan. Imbasnya jadi buruk ke mana-mana, baik itu diri sendiri maupun orang lain.

So, bagaimanapun rasa itu harus dihalau. Kamu pasti sering menyiasatinya dengan meminum kopi. Tapi kalau terus-terusan minum kopi ada efek sampingnya loh, bisa memangkas waktu tidur dan menurunkan kualitas tidur. Lagipula gak semua dari kamu suka meminum kopi kan?
Lalu apa yang harus dilakukan lagi untuk mengusir kantuk selain minum kopi? Ternyata ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengusir kantuk. Apa saja sih? Yuk kita simak artikel tips bagi kamu untuk mengusir rasa kantuk.

      1.      Mengistirahatkan Mata
Duduk di depan komputer selama berjam-jam pasti membuat Anda lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks. Pandanglah sesuatu di sekeliling entah itu suasana di ruangan atau pemandangan di luar ruangan.

      2.      Bangun dari Kursi
Dalam sebuah studi populer, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, bahwa berjalan-jalan bisa mengurangi rasa kantuk. karena dengan berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

      3.      Mengobrol
Mengajak orang di sekitar untuk ngobrol dapat mengurangi rasa kantuk Anda. Karena, mulut dan otak dipaksa untuk bekerja secara bersamaan sehingga mata tidak akan lagi terasa berat. Ajaklah orang yang bisa Anda ajak bicara untuk mengobrol hal-hal ringan. Dengan demikian pikiran akan menjadi rileks kembali.

      4.      Olahraga
Universitas Georgia melakukan 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang. Hasil analisis dari para ahli menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan dan kantuk di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur. So, usahakan agar kamu berolahraga rutin pagi sebelum memulai aktivitas agar pada siang hari tidak mengalami rasa kantuk.

      5.      Mendengar Musik
Kamu dapat membuka gadget lalu memutar lagu yang dapat membangkitkan semangat. Jadi jangan sampai memutar lagu berirama slow dengan lirik yang mellow, yang ada nanti kamu malah tertidur.

      6.      Melakukan Siesta
Siesta merupakan kebiasaan tidur siang yang rutin dilakukan oleh orang Spanyol dan beberapa negara di Amerika Latin. Mereka meyakini melakukan siesta dapat meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi stress, dan secara keseluruhan dapat meningkatkan kesehatan. Durasi tidur tidak lama, cukup antara 15 – 30 menit. Kalau kamu ingin mencobanya, kamu bisa melakukannya di kursi kerja kamu setelah makan siang. Setelah itu kamu akan segar kembali dalam melanjutkan aktivitas.

Demikian artikel tips bagi kamu untuk mengusir rasa kantuk. Untuk mengusir rasa kantuk tidak perlu terlalu sering memakan atau meminum suplemen yang bisa menimbulkan efek samping, tapi juga bisa melalui langkah-langkah sederhana seperti di atas.

Dari berbagai sumber.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Bagi Kamu untuk Mengusir Rasa Kantuk"

Posting Komentar