Ini Nih yang Harus Dilakukan untuk Menetapkan Goal Pada Bisnis

Menetapkan Goal Pada Bisnis


Anda sudah mulai berbisnis tapi tidak punya goal yang jelas atau goalnya masih di awang-awang? Pantas saja Anda tidak memiliki greget dalam berbisnis. Hal itu akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda yang rasanya kok segitu-gitu saja omsetnya, tidak ada kemajuan yang signifikan.
So, mulai sekarang, tetapkan goal yang sejelas-jelasnya terhadap bisnis Anda. Bila perlu Anda tempel dalam tembok kamar. Nah, untuk menyusun goal itu pun ada triknya. Apa saja sih? Simak artikel yang harus dilakukan untuk menetapkan goal pada bisnis berikut ini.

      1.      Tentukan Goal Bisnis Anda
Menentukan goal di sini bukan menetapkan Anda akan mendapat apa dalam jangka berapa lama, hal itu akan dibahas pada poin selanjutnya. Menetapkan goal di sini adalah menetapkan goal dalam bisnis, entah itu dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Misalnya, berapa besar traffic yang akan Anda dapatkan dari toko online Anda. Setelah Anda menargetkan itu, berapa besar list yang akan didapat dari traffic. Kemudian konversi dari promosi ke list, sampai berapa banyak yang akhirnya menjadi buyer, hingga terakhir yang menjadi pelanggan dengan melakukan pembelian berulang. Dari goal tersebut, Anda telah dapat menentukan sendiri berapa banyak pendapatan Anda.

      2.      Apa Alasan Anda di Balik Goal Tersebut?
Di sini, Anda harus memiliki alasan kuat terkait goal yang telah Anda tetapkan. Apa yang Anda inginkan setelah goal ini tercapai. Di sinilah waktunya Anda bisa “bermimpi” akan mendapatkan apa atau ingin membeli apa. Misal, setelah mendapat omset sekian puluh juta, Anda akan membeli mobil sederhana untuk keperluan operasional. Setelah omset Anda bertambah ratusan juta, Anda akan mengeluarkan diri dari rumah kontrakan untuk kemudian membeli sebuah rumah. Dan seterusnya, buat tiap alasan dari goal yang telah Anda buat.

      3.      Tetapkan Reward Bila Anda Berhasil Mencapai Goal
Tanamkan rasa syukur dalam diri Anda ketika Anda telah berhasil mencapai goal. Wujudkan dalam bentuk rasa ingin berbagi kepada orang-orang di sekitar Anda. Dimulai dari mengajak seluruh keluarga Anda makan di restoran atau mengajak mereka bertamasya. Bila Anda memiliki rasa peduli terhadap orang yang membutuhkan, Anda dapat mengadakan syukuran di rumah Anda dengan mengundang anak yatim atau mengadakannya di panti asuhan.

      4.      Beri Punishment diri Anda bila Tidak Berhasil Mencapai Goal
Hukum diri Anda dengan punishment bila goal tidak bisa Anda raih. Punishment yang bisa diberlakukan harus berupa cambukkan agar Anda dapat mencapai goal di sesi berikutnya. Contoh, Anda dapat memegang kertas karton besar di pinggir jalan yang bertuliskan: “Bulan ini saya tidak mampu mencapai target omset 50 juta, mohon doanya agar bulan depan bisa tembus omset  50 juta.” Memalukan memang, tapi Anda dapat termotivasi untuk berjuang lebih gigih sehingga target dapat tercapai. Atau selain itu, Anda dapat menghukum diri Anda dengan menambah porsi kerja lebih banyak dan bangun tidur lebih awal. Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi baru sehingga kemungkinan goal dapat tercapai akan lebih besar.

Itulah beberapa cara untuk menetapkan goal pada bisnis. Bila cara-cara di atas telah Anda lakukan dengan maksimal, goal yang Anda inginkan akan semakin dekat. Semoga sukses!

Sumber: Dewa Eka Prayoga - mahircopywriting.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Ini Nih yang Harus Dilakukan untuk Menetapkan Goal Pada Bisnis"