Inilah Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur

Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur

Apa yang dilakukan seseorang sebelum tidur di malam hari dapat mempengaruhi mood dan energi orang tersebut keesokan harinya. Mereka memahami hari yang telah mereka jalani harus dimulai dan diakhiri dengan mental dan pikiran yang sehat. Itulah mengapa para orang sukses amat memperhatikan aktivitas terakhirnya sebelum ia terlelap. Mereka sering melakukan kebiasaan khusus yang bisa dilakukan sebelum tidur. Apa saja yang biasanya mereka lakukan dan Anda dapat ikuti?

1. Meluangkan Waktu untuk Keluarga
Seseorang yang memiliki kesibukan padat akan terus terlihat sibuk terkait pekerjaan yang sedang dilakoninya. Sampai-sampai, tidak ada waktu untuk keluarga sebelum urusannya selesai. Nah, orang sukses tidak akan melakukan hal seperti itu. Anda akan membedakan mana waktu untuk bekerja mana waktu untuk berbaur dengan keluarga. Saat Anda pulang, komputer dan telepon genggam harus Anda matikan guna memusatkan perhatian sepenuhnya kepada keluarga. Bahkan hal tersebut bukan dilakukan saat Anda sedang dekat, saat Anda sedang jauh misal tengah bertugas ke luar kota pun Anda bisa rutin memberi kabar pada mereka. Orang sukses tidak akan beralasan untuk tidak memberikan waktu luang kepada keluarga yang mereka sayangi.

2. Buat to do list untuk Hari Esok
Seorang pemimpin sudah biasa membuat to do list terhadap apa yang akan mereka lakukan esok hari. Perencanaan menjadi hal yang perlu dilakukan oleh orang-orang sukses agar rencana mereka tidak keteteran. Waktu Anda akan berjalan efisien dan tidak terbuang sia-sia dengan membuat perencanaan yang matang. Oleh karenanya, Anda dapat membuat daftar perencanaan bahkan sampai ke hal-kecil untuk dilakukan esok hari.

3. Membaca
Orang sukses, meski disibukkan dengan kegiatan bisnis dan pekerjaannya, akan menyempatkan diri untuk menambah ‘suplemen’ otaknya. Dengan melakukan kebiasaan membaca sebelum tidur, Anda akan tetap dapat mengikuti perkembangan yang terjadi melalui bacaan yang Anda konsumsi. Buku yang bisa Anda baca dapat disesuaikan dengan minat dan mood Anda. Bila Anda merasa berat untuk membaca buku motivasi atau bisnis, Anda dapat membaca novel atau kumpulan cerita yang dapat menghibur.


4. Refleksi diri
Orang-orang sukses selalu membuat refleksi diri terhadap apa yang mereka mereka lewati setiap harinya. Hal-hal baik yang mereka telah capai akan mereka tulis. Baik atau buruknya, akan selalu mereka syukuri. Sepele memang kelihatannya, namun dari kebiasaan mensyukuri tiap apa yang telah dilalui telah mampu membuat pikiran menjadi lebih positif. Esoknya, mereka akan menjadi lebih bersemangat karena mereka telah mendapat spirit untuk melakukan hal yang lebih baik lagi dari apa yang mereka tulis.

5. Melepaskan Diri dari Segala Sesuatu yang Berkaitan dengan Pekerjaan

Orang sukses dapat melepaskan segala sesuatu yang tidak sedang diperlukannya lagi, termasuk itu soal pekerjaan. Ada waktu di mana mereka tidak lagi terkoneksi dengan urusan-urusan yang menyita banyak perhatian. Mereka telah menyadari, pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya. Di jam-jam tersebut orang sukses akan memilih menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang meringankan pikiran seperti: menonton tv, mengobrol dengan orang yang disayang, dan lainnya.
(Baca juga: Tips Bagi Pebisnis Agar Dapat Bangun Pagi)

Demikian artikel kebiasaan orang sukses sebelum tidur. Semoga bermanfaat!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Inilah Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur"